Sabtu, 26 Maret 2011

1.Keistimewan Sholat Malam

Sekedar untuk mengingatkan diri sendiri dan shobat-shobat semua, akan keutamaan sholat malam atau tahajud yang begitu besar. Yang dengannya akan diangkat derajat seseorang disisi-Nya, yang pada waktu sepertiga malamnya doa-doa sangat makbul untuk dipanjatkan, sehingga dan smoga dengan melakukannya segala permasalahan & urusan kita semua akan dimudahkan oleh Allah Ta’ala.
Karena pentingnya ibadah sholat tahajud, sehingga ibadah ini diwajibkan kepada Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan beliaupun menekankan kepada umatnya untuk melakukannya, minimum shalat witir sebelum tidur sebagaimana yang telah dicontohkan oleh shahabat Umar bin Khathab radhiyallahu ‘anhu.
Berikut merupakan keistimewaan sholat malam, yang dengan membahasnya diharap bisa menyegarkan kembali ingatan kita dan memberi suntikan semangat baru untuk mengikuti tradisi pendahulu kita yang shalih.
1.   Shalat malam merupakan shalat paling utama setelah shalat fardhu.
Sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam;
Shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat di tengah malam“. [H.R. Muslim dari Abu Hurairah].
2.   Merupakan kemuliaan bagi seorang mukmin.
Keutamaan seorang mukmin adalah shalatnya pada malam hari…”. [H.R. Al-Khathib dari Abu Hurairah, Shahih Al-Jami'].
3.   Kebiasaan orang-orang yang shalih.
4.   Pendekatan diri kepada Allah Ta’ala.
5.   Menjauhkan dari kemaksiatan.
6.   Penghapus keburukan.
7.   Pengusir penyakit dari badan.
Semua ini tergabung dalam sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam;
Hendaklah kalian melakukan shalat malam, karena ia adalah kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian, taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah Ta’ala, pencegah dosa, penghapus kesalahan dan pengusir penyakit dari badan“. [H.R. Al-Ajuri dalam Akhlak Ahli al-Qur'an, hlm. 102].
8.   Merupakan wasiat pertama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada penduduk Madinah ketika pertama kali hijrah.
Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam datang ke Madinah, orang-orang berdatangan kepadanya, dan dikatakan, dan dikatakan: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah tiba….Rasulullah telah tiba…”. Lalu aku datang kepada mereka untuk melihatnya, ketika aku berusaha untuk melihat wajah Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, aku mengetahui sesungguhnya wajahnya bukanlah muka seorang pendusta, dan perkataan pertama kali yang beliau ucapkan kala itu adalah: “Wahai manusia, tebarkanlah salam, berilah makan dan lakukanlah shalat sementara orang lain tidur, niscaya kalian akan masuk ke dalam syurga dengan selamat“. Abu Isa At-Tirmidzi berkata, “Ini hadits shahih”. [Sunan At-Tirmidzi, IV/652, No. 2490].
9.    Shalat malam biasanya dilakukan diwaktu yang sangat mulia yaitu ketika Allah Ta’ala turun ke langit dunia. Dimana waktu tersebut adalah waktu yang sangat ijabah untuk berdoa.
10.  Shalat malam adalah sebab ditinggikannya derajat seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar